Senin, 21 Juni 2010

RPP Kls VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
Aspek/Ruang Lingkup : Permainan dan Olah raga
Kelas /Semester : VI/I
Pertemuan ke : I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari / Tanggal :

1. Standar Komptensi :Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga
dengan peraturan yang dimodivikasi, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
1.1. Kompetensi Dasar :Mempraktikan gerak dasar salah satu permainan bola kecil
dengan koordinasidan kontrol yang baik dengan peraturan
yang dimodiviasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan
kejujuran.
Indikator:
1. Mampu lempar tangkap bola kecil berpasangan
2. Mampu memukul bola dengan teknik lambungan tangan bawah
3. Mematikan lawan yang sedang lari menuju home.
4. Melakukan kerja sama tim dalam permainan baseball
5. Mampu bermain kasti secara sportif.

I. Tujuan Pembelajaran
- Anak dapat melakukan lempar tangkap dengan baik dan benar
- Anak dapat melakukan memukul bola dengan baik dan benar
- Anak dapat bermain baseball dengan baik dan benar.

II. Materi
Permainan bola baseball

III. Metode
Ceramah, Demonstrasi
IV. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Anak dibariskan, berdo’a, berhitung dan melakukan pemanasan dengan permainan yang mengarah pada inti pelajaran, contohnya permainan berburu binatang.
B. Kegiatan Inti
1. Melakukan lempar tangkap bola baseball berpasangan dengan teman.
2. Melakukan gerakan memukul bola dengan berbagai arah
3. Melakukan teknik memukul bola untuk mengembalikan teman
4. Mematikan lawan dengan membakar ruang bebas.
5. Bermain baseball dengan kerja sama tim dan sportivitas.
C. Kegiatan Akhir
Pendinginan, melakukan, menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung. Anak di bariskan dan berdoa.

V. Alat/Sumber Bahan
Alat : peluit, pemukul, bola, bendera kecil
Sumber : Buku Penjasorkes dari Yudistira

VI. Penilaian
- Tes Perbuatan
Penampilan performance
- melakukan lempar tangkap bola
- melakukan memukul bola
- bermain baseball

Tegal, 18 Maret 2010


Mengetahui
Kepala Sekolah


Ma’muroh, S.Pd.
NIP : 19610320 198012 2 004
Guru Penjasorkes


Bambang Rusjianto, S.Pd.
NIP : 19600828 198304 1 003

Silabus Kelas VI

PROGRAM SEMESTER I PENJASORKES KELAS VI



Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Indikator JJP Bulan Keterangan
Juli Agustus September Oktober Nopember Desember

1. Mempraktkkan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan control yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)

Permainan Bola Baseball
1. Mampu lempar tangkap bola kecil berpasangan
2. Mampu memukul bola dengan teknik lambungan tangan bawah
3. Mematikan lawan yang sedang lari menuju home.
4. Melakukan kerja sama tim dalam permainan baseball
5. Mampu bermain kasti secara sportif.

2 JP

1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)

Permainan Bola Basket
1. Mampu lempar tangkap bola berpasangan
2. Mampu mengiring bola berpasangan
3. Mampu mengontrol dan menembakkan bola
4. Mampu bermain bola basket dengan sportif
2 JP


1.3 Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran

Atletik
1. Mampu lari cepat ( sprint ) dengan star jongkok
2. Mampu melakukan gerakan finishing
3. Mampu melakukan lompat jauh gaya jongkok.
4. Mampu melakukan tolak peluru tanpa atau dengan awalan.
5. Mampu melakukan latihan trilomba.



2 JP

2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani), dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur

Latihan Kekuatan dan Kelenturan
1. Melakukan latihan kekuatan dan kelenturan otot-otot besar dan otot-otot kecil.
2. Mampu menyebutkan jenis otot ditubuh kita dan menunjukan posisinya.
3. Mampu menyebutkan anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur tubuh.

2 JP

2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerja keras

Latihan kelentukan dan peregangan.

1. Mampu melakukan latihan penguluran otot dan peregangan persendian.
2. Mampu melakukan gerakan keseimbangan dengan guling depan maupun guling ke samping
3. Mampu melakukan latihan fisik, seperti sikap lilin, hand stand berteman maupun di tembok.dll.

2 JP

2.3 Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan, disiplin, kerja keras

Latihan kekuatan dan daya tahan

1. Mampu melakukan latihan lompat tali sendiri maupun berpasangan
2. Mampu lari pelan dan melompati teman yang jongkok / membungkuk.
3. Mampu melakukan latihan fisik, seperti sit up back up, hand stand, sikap lilin,dll

2 JP

3. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
Latihan penguluran dinamis dan statis

1. Mampu melakukan latihan / aktivitas tubuh anggota badan yang gerak dan bagian badan yang pasif.
2. Mampu melakukan latihan penguluran secara dinamis dan statis.

4 JP

3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta nilai percaya diri, disiplin dan estetika

Senam Ketangkasan
1. Mampu melakukan latihan guling depan dan belakang dengan awalan maupun tanpa awalan
2. Mampu melakukan senam ketangkasan, seperti : meroda, lompat peti, hand stand, dll

4 JP

4. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan, dan beregu serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
4.1 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika

Senam Ritmik.

1. Mampu melakukan tegak langkah kaki kanan dan kaki kiri
2. Mampu melakukan tegak anjur kaki kanan dan kaki kiri
3. Mampu melakukan loop pass, bytrek pass, wissel pass.
4. Mampu melakukan memutar dua lengan di depan dada dan dua lengan berhenti di samping

2 JP

4.2 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika

Senam Ritmik
1. Mampu melakukan rangkaian gerak SKJ
2. Mampu melakukan rangkaian senam Ayo bangkit
3. Mampu melakukan rangkaian senam Ayo bersatu

4 JP

5. Menerapkan budaya hidup sehat

5.1 Mengenal bahaya narkoba

1. Mampu menyebutkan pengertian narkoba
2. Mampu menyebutkan jenis-jenis napza
3. Mampu menyebutkan akibat mengkomsumsi narkoba

2 JP

5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba

Bahaya Narkoba
1. Anak mampu menyebutkan sebab-sebab anak kecanduan narkoba
2. Anak mampu menyebutkan cirri-ciri anak mengkomsumsi narkoba.
3. Anak mampu menjelaskan cara untuk menghindari bahaya napza

2 JP


Tegal, ................................2010

Mengetahui
Kepala Sekolah


Ma’muroh, S.Pd.
NIP : 19610320 198012 2 004
Guru Penjasorkes


Bambang Rusjianto, S.Pd.
NIP : 19600828 198304 1 003


PROGRAM SEMESTER II PENJASORKES KELAS VI


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Indikator JJP Bulan Keterangan
Juli Agustus September Oktober Nopember Desember

6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
6.1 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga bola besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran**)

Sepak Bola
1. Mampu menendang bola sepak ke sasaran dengan kaki bagian dalam
2. Mampu menendang bola sepak ke temannya dengan kaki bagian dalam dan mengontrol dengan telapak kaki.
3. Mampu mendrible bola dan menembakkan ke gawang
4. Mampu mendrible bola berpasangan dan dilanjutkan menembak bola ke gawang

2 JP

6.2 Mempraktikkan penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran**)

Bulutangkis
1. Mampu memegang raket bulutangkis
2. Mampu langkah kaki dalam bulutangkis
3. Mampu memukul bola lop, drob, dan smash
4. Mampu mengembalikan bola dengan pukulan backhand dan forehand.

2 JP


6.3 Mempraktikkan pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)

Lari Estafet dan Lari Jarak Sedang
1. Mampu melakukan tehnik lari jarak pendek
2. Mampu melakukan tehnik start dan finishing
3. Mampu melakukan lari estafet / lari sambung
4. Mampu melakukan tehnik dasar lari jarak sedang

2 JP

7. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
7.1 Mempraktikkan sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan

Memelihara Kondisi Kesehatan
1. Mampu melakukan senam pagi
2. Mampu melakukan lari jarak sedang .
3. Mampu melakukan senam ayo bersatu
4. Mampu melakukan senam ayo bangkit.

2 JP

7.2 Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin

Penguluran Otot dan Perluasan Otot
1. Mampu melakukan penguluran otot leher
2. Mampu melakukan penguluran otot lengan
3. Mampu melakukan penguluran otot punggung
4. Mampu melakukan penguluran otot tungkai.

2 JP

7.3 Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik secara terencana dan sungguh – sungguh

Memelihara Kondisi Fisik Secara Terencana
1. Mampu melakukan lari pagi seminggu sekali
2. Mampu melakukan lari jarak sedang .
3. Mampu melakukan sirkuit trining

2 JP

7.4 Mempraktikkan aktivitas secara berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kebugaran,serta nilai keselamatan, disiplin dan kerja keras

Memelihara Kondisi Fisik Secara Terencana
1. Mampu melakukan lari pagi seminggu sekali
2. Mampu melakukan lari jarak sedang .
3. Mampu melakukan sirkuit trining

2 JP

8. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1 Mempraktikkan kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin dan kerjasama
Senam Ketangkasan
1. Mampu melompat di atas peti atau bangku
2. Mampu melompati temannya yang jongkok.
3. Mampu melakukan guling depan tanpa awalan
4. Mampu melakukan guling belakang
5. Mampu sikap lilin dan meroda

2 JP

8.2 Mempraktikkan kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi, dan kontrol yang baik serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama

Senam Ketangkasan
1. Mampu melakukan guling depan lalu berdiri
2. Mampu melakukan guling belakang .dari sikapl lilin dan di akhiri berdiri
3. Mampu melakukan guling belakang dari atas.
4. Mampu melakukan gerakan meroda dan piramida beregu

2 JP

9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan membungkuk, menekuk, maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama, disilin, dan estetika

Senam Kontemporer
1. Mampu melakukan gerak ditempat
2. Mampu melakukan menekuk lengan dan tungkai
3. Mampu melakukan gerakan penguluran, meliuk
4. Mampu melakukan cium lutut berpasangan

2 JP

9.2 Mempraktikkan kombinasi gerakritmik sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerjasama, disiplin, dan estetika

Senam Ketangkasan
1. Mampu melakukan lompat seperti kangguru
2. Mampu melakukan merangkak..
3. Mampu melakukan loncat, lompat, merangkak
4. Mampu lompat katak dan jalan kepiting

2 JP

10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai maupun lengan renang gaya dada dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan

Renang Gaya Dada
1. Mampu meluncur di air tanpa gerakan.
2. Mampu meluncur dengan gerakan kaki gy dada
3. Mampu meluncur gerakan tangan gy dada
4. Mampu melakukan gerakan ambil napas
5. Mampu renang gaya dada
2 JP

10.2 Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan

Renang Gaya Dada
1. Mampu meluncur di air tanpa gerakan.
2. Mampu meluncur dengan gerakan kaki gy dada
3. Mampu meluncur gerakan tangan gy dada
4. Mampu melakukan gerakan ambil napas
5. Mampu renang gaya dada


10.3 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan tungkai dalam renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin

Renang Gaya Dada 1.
2. Mampu meluncur di air tanpa gerakan.
3. Mampu meluncur dengan gerakan kaki gy dada
4. Mampu meluncur gerakan tangan gy dada
5. Mampu melakukan gerakan ambil napas
6. Mampu renang gaya dada

10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di air

Dasar-Dasar Ketangkasan dan Keselamatan
1. Mampu menyelam di air tanpa gerakan.
2. Mampu menyelam sampai dasar kolam sesuatu barang ( bisa uang logam atau batu )
3. Mampu meluncur dan renang di dasar kolam
4. Mampu melakukan gerakan enggak di air

2 JP

11. Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

11.1 Mempraktikkan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara sederhana, serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin dan keselamatan
Penjelajahan
1. Mampu membuat rencana penjelajahan.
2. Mampu menentukan jalan yang akan di lalui
3. Mampu memecahkan masalah yang ditemui
4. Mampu mematuhi aturan main yang telah dibuat
5. Mampu menjaga keselamatan diri dan orang lain

2 JP

11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama, serta nilai kerjasama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan

Berkemah
1. Mampu membuat rencana kegiatan berkemah.
2. Mampu mempersiapkan perlengkapan kemah
3. Mampu menentukan lokasi bekemah yang aman
4. Mampu mendirikan kemah dengan mandiri
5. Mampu membuat api unggun.

2 JP

12. Menerapkan budaya hidup sehat

12.1 Mengenal cara menolak ajakan menggunakan narkoba
Menolak Ajakan Narkobais
1. Mampu menyebutkan perilaku jelek
2. Mampu merencanakan iven / kegiatan yang positif bagi dirinya maupun orang lain.
3. Mampu memilih teman bermain yang baik
4. Mampu mengenali ciri-ciri narkoba dan pemakainya

2 JP

12.2 Mengenal cara menolak perlakuan pelecehan seksual

Menghindari Perilaku Seksual
1. Mampu menyebutkan perilaku porno
2. Mampu mengidentivikasi gambar,siaran atau berita positif maupun negatif
3. Mampu berbuat yang beretika dan bermoral
4. Mampu dan senang bergaul dengan teman yang berakhlak mulia

2 JP


Tegal, ................................2010

Mengetahui
Kepala Sekolah


Ma’muroh, S.Pd.
NIP : 19610320 198012 2 004
Guru Penjasorkes


Bambang Rusjianto, S.Pd.
NIP : 19600828 198304 1 003

Kemampuan teknikal

1. Kecepatan mobil Adri 90 km per jam. Jarak Bogor-Jakarta 60 km. Jika Adri berangkat dari Bogor pukul 10, pukul berapa Adri akan tiba di Jakarta?
a. 11.30
b. 11.00
c. 10.30
d. 10.40


2. Sebuah pesawat terbang menempuh jarak 3 km dalam waktu 15 detik. Berapa kecepatan pesawat terbang tersebut ?
A. 440 km/jam
B. 520 km/jam
C. 600 km/jam
D. 720 km/jam


3. Jatmiko berjalan dari kota A ke kota B dengan kecepatan 8 km/jam selama 5 jam dan ia kembali ke kota A dengan naik motor. Berapakah kecepatan rata-rata seluruh perjalanan Jatmiko bila ia kembali dari kota B ke kota A selama 3 jam ?
A. 5 km/jam
B. 8 km/jam
C. 10 km/jam
D. 12 km/jam


4. Suatu perlombaan lari diadakan dengan dua kali perhentian. Jarak tempuh antara start sampai perhentian A adalah 2 km, antara perhentian A sampai dengan perhentian B adalah 7,5 km, dan antara perhentian B sampai dengan finish adalah 1,5 km. Berapa kilo meterkah total jarak tempuh pada perlombaan lari tersebut?
a. 10 km
b. 11 km
c. 12 km
d. 13 km


5. Wiwik berangkat dari kota P pukul 6:15 dan sesampainya di kota M pukul 9:45. Jika Wiwik mengendarai mobilnya dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam dan beristirahat selama satu jam untuk makan dan minum, berapa km jarak kota P dan M ?
A. 120 km
B. 135 km
C. 150 km
D. 155 km


6. Benny berjalan kaki dengan kecepatan 5 km per jam, setelah 20 km dia berlari sehingga mencapai 60 km dalam waktu 6 jam. Berapa km per jam kecepatan rata-rata Benny itu ?
A. 10
B. 8
C. 6
D. 5


7. Jika cuaca berkabut, sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 30 km per jam. Jika cuaca baik kecepatan rata-rata mobil tersebut 60 km per jam. Berapa lama ia menempuh jalan yang panjangnya 210 km jika 2/7 (dua per tujuh) dari perjalanan itu bercuaca buruk berkabut?
a. 3,5 jam
b. 5 jam
c. 4,5 jam
d. 4 jam


8. Dengan 4 liter bensin sebuah mobil dapat menempuh jarak 32 km. Jika jarak yang akan ditempuh 56 km, berapa liter bensin yang diperlukan?
a. 5 liter
b. 6 liter
c. 7 liter
d. 8 liter


9. Di dalam suatu penelitian didapat kesimpulan bahwa perbandingan hewan yang bersifat PQ dengan populasi hewan yang tidak bersifat PQ adalah 5 : 3 dan bahwa 3/8 dari hewan tersebut yang bersifat PQ adalah jantan. Berapa perbandingan populasi hewan PQ jantan terhadap populasi hewan seluruhnya ?
A. 2/2
B. 6/8
C. 8/14
D. 15/64


10. Jika roda pertama berputar 2 kali maka roda kedua berputar 5 kali. Berapa kalikah roda kedua akan berputar jika roda pertama berputar 6 kali ?
A. 11
B. 13
C. 15
D. 17


11. Jika roda berputar 9 kali maka roda kedua berputar 24 kali. Jika roda yang pertama berputar 27 kali, berapa kali putaran roda kedua?
a. 92 kali
b. 82 kali
c. 74 kali
d. 84 kali


12. Yandi berjalan ke arah Utara dengan menempuh jarak 2/5 km dalam tempo 5 menit, berapa kecepatan rata-rata perjalanan Yandi dalam 1 jam ke depan ?
A. 4,5 km
B. 4,3 km
C. 5 km
D. 4,8 km


13. Jika garis tengah sebuah roda A dan C = 10 cm dan roda B dan D = 5 cm. Apabila roda A berputar dengan sempurna, roda D akan berputar sebanyak ?
A. 1 kali
B. 2 kali
C. 4 kali
D. 6 kali


14. Dalam suatu percobaan beberapa jenis larutan dimasukkan ke dalam tabung reaksi dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Larutan A dimasukkan setiap 2 menit sekali sebanyak 5 cc
- Larutan B dimasukkan setiap 3 menit sekali sebanyak 2,5 cc
- Larutan C dimasukkan setiap 1 menit sekali sebanyak 0,5 cc
Pada awal percobaan ketiga larutan tersebut dimasukkan secara bersama-sama. Berapa banyak larutan yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi pada saat larutan tersebut dimasukkan secara bersama-sama untuk yang keempat kalinya?
a. 23 cc
b. 61 cc
c. 46 cc
d. 69 cc


15. Jika Silvi telah mengerjakan soal sejak pukul 08.30 hingga pukul 12.00 sebanyak 20 soal maka rata-rata soal yang dikerjakan Silvi setiap setengah jam adalah :
a. 2
b. 2,5
c. 3
d. 3,3


16. Dalam suatu balap mobil, seorang pembalap mampu menempuh jarak 10 km dalam waktu 6 menit. Berapakah kecepatan rata-rata mobil itu ?
a. 110 km/jam
b. 100 km/jam
c. 90 km/jam
d. 60 km/jam


17. Jika sebuah mobil dijalankan sejauh 300 km, maka mobil itu akan menghabiskan bensin 15 liter tiap kilometernya. Berapa km per liter kecepatannya harus ditambah supaya mobil tersebut hanya menghabiskan 121 jarak tempuh yang sama ?
A. 1
B. 3
C. 5
D. 7


18. Sebuah kebun bunga berbentuk persegipanjang dengan panjang 16 m dan lebar 12 m. Sekeliling kebun bunga dibangun jalan yang lebarnya 3 m. Berapa meter persegi luas jalan itu ?
A. 93
B. 168
C. 204
D. 186


19. Drew naik mobil berangkat pukul 07.00 dari kota A ke kota B dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Hasan naik motor berangkat pukul 07.00 dari kota B ke kota A dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Jika jarak kota A dan B = 350 km, Maka Drew dan Hasan akan bertemu pada pukul
a. 09.50
b. 10.30
c. 10.50
d. 11.35


20. Kalau Ani berjalan 8 meter ke muka dan mundur lagi 4 meter ke belakang, berapakah jarak Ani dari tempat semula ?
a. 2 meter
b. 3 meter
c. 4 meter
d. 5 meter


21. Di permukaan laut, air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius jika tekanan udara normal. Jika tekanan udara kurang dari normal, maka air mendidih pada suhu yang lebih rendah dari 100 derajat Celcius. Di daerah-daerah yang letaknya lebih tinggi dari permukaan laut, tekanan udara sering kali lebih rendah daripada tekanan normal. Di daerah ini akan :
a. Selalu mendidih pada suhu 100 derajat Celcius
b. Selalu mendidih pada suhu di atas 100 derajat Celcius
c. Sering mendidih pada suhu di bawah 100 derajat Celcius
d. Tidak pernah mendidih pada suhu 100 derajat Celcius


22. Luas area parkir 176 m2, luas rata-rata untuk mobil sedan 4 m2 dan bis 20 m2. Kapasitas maksimum hanya 20 kendaraan, biaya parkir untuk mobil Rp. 1000 satu kali parkir dan untuk bis Rp. 2000 satu kali parkir. Jika dalam satu jam tidak ada kendaraan yang pergi dan datang, maka hasil maksimum tempat parkir itu adalah...
A. Rp. 300.000
B. Rp. 260.000
C. Rp. 440.000
D. Rp. 340.000


23. Sebuah kerta api berangkat dari kota Jogja ke kota Purwokerto dengan kecepatan 50 km/jam selama 4 jam. Sementara itu kereta api lainnya berangkat dari kota Purwokerto menuju kota Jogja selama 5 jam. Berapa km/jam kecepatan kereta api itu berangkat dari kota Purwokerto ?
A. 20
B. 25
C. 35
D. 40


24. Rumah Mita berjarak 1.5 km dari sekolahnya. Jika Mita berjalan rata-rata 4,5 Km tiap jamnya, berapa jamkah yang ditempuh Mita untuk berjalan pergi-pulang sekolah selama satu minggu (satu minggu dihitung 6 hari sekolah)?
a. 4 jam
b.24 jam
c. 6 jam
d. 1/3 jam


25. Satu bidang tanah mempunyai keliling 96 meter, bisa ditanami jagung sebanyak 100 pohon. Berapa panjang tanah yang diperlukan untuk menanam 50 pohon jagung jika lebar tanah tersebut adalah 6 meter ?
a. 7 meter
a. 8 meter
c. 9 meter
d. 10 meter


26. Waktu di kota A adalah 3 jam lebih cepat daripada kota B. Sebuah kapal terbang berangkat dari kota A menuju ke kota B pada pukul 5 pagi dan tiba 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah kapal terbang tersebut di kota B?
A. 2 pagi
B. 6 pagi
C. 4 pagi
D. 3 pagi


27. Sebuah proyek akan diselesaiakan dalam x hari, maka biaya proyek per hari menjadi 2x + (1000/x - 40 hari) juta rupiah. Biaya proyek minimum adalah :
A. 500 juta rupiah
B. 800 juta rupiah
C. 880 juta rupiah
D. 900 juta rupiah


28. Sebuah mobil menempuh jarak 120 km ke suatu tempat dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Dan kembali ke tempat semula dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Berapa km/jam rata-rata kecepatan seluruhnya mobil tersebut ?
A. 60
B. 54
C. 50
D. 48


29. Hilmy, Faris, Zidan masing-masing membawa tongkat 3 m, 4 m , 5 m. Jika ujung-ujung tongkat dipertemukan di atas tanah, maka luas tanah maksimal adalah :
a. 5 meter persegi
b. 6 meter persegi
c. 7 meter persegi
d. 8 meter persegi


30. Sebuah bengkel pengisian aki membutuhkan waktu 5 jam untuk mengisi 3 buah aki. Berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi 12 aki ?
a. 15 jam
b. 18 jam
c. 20 jam
d. 21 jam


31. Sebuah wadah berbentuk silinder diisi air 1/3 nya, lalu wadah tersebut ditambah air sebanyak 3 liter, sehingga isinya kini menjadi 1/2 nya. Berapa kapasitas wadah tersebut ?
A. 25
B. 18
C. 20
D. 22


32. Seekor burung merpati terbang 5 km ke arah Barat dan kemudian ke Utara. Ke arah manakah burung tersebut harus terbang supaya sampai di tempat semula ?
A. Tenggara
B. Selatan
C. Barat Daya
D. Barat Laut


33. Asep adalah seorang pedagang yang memiliki 6 warung dan setiap warung membutuhkan 5 liter minyak. satu botol berisi 4 liter minyak goreng. Satu botol minyak dijual dengan harga Rp. 12.000 dan satu liter minyak dijual Rp. 5.000. Berapakah jumlah minimum yang harus dikeluarkan oleh Asep untuk membeli minyak goreng agar mencukupi kebutuhannya?
a. Rp. 84.000
b. Rp. 94.000
c. Rp. 96.000
d. Rp. 102.000


34. Sebuah kolam renang mempunyai isi 300 meter kubik air. Luas kolam itu adalah 100 meter persegi. Berapakah dalamnya kolam itu ?
a. 3 meter
b. 4 meter
c. 5 meter
d. 6 meter


35. Seorang karyawan mengendarai sepedamotornya sejauh 40 km ke tempat kerjanya tiap pagi dalam waktu 55 menit. Pada suatu pagi dia terlambat 7 menit dari biasanya, berapakah kecepatan yang harus ditempuhnya supaya dia sampai di tempat kerjanya seperti waktu biasanya ?
A. 42 km/jam
B. 45 km/jam
C. 54 km/jam
D. 50 km/jam


36. Seekor burung terbang dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam. Berapakah panjang lintasan yang ditempuh burung selama 3 jam ?
A. 75 km
B. 80 km
C. 82 km
D. 85 km


37. Dias Naruto berwisata dari Jepang ke Indonesia. Di Indonesia, ia berangkat dengan pesawat terbang dari Cengkareng , Jakarta menuju Jayapura. Pesawat lepas landas dari bandara Jakarta pada pukul 20.00 waktu setempat dan mendarat di bandara Jayapura pada pukul 06.00 waktu setempat. Jika selama penerbangan pesawat singgah bandara Surabaya dan Makasar masing-masing 30 menit, berapa jamkah lama seluruh perjalanan Dias Naruto?
a. 9 jam
b. 10 jam
c. 7 jam
d. 12 jam


38. Seekor kancil dapat berlari dengan kecepatan 80 km per jam. Berapa menit yang diperlukan kancil untuk menempuh jarak 8 km ?
a. 9 menit
b. 8 menit
c. 7 menit
d. 6 menit


39. Sepotong balok kayu berukuran 90 cm X 30 cm X 12 cm dipotong menjadi kubus dengan terbesar yang dapat di buat. Berapa banyaknya kubus yang dapat dibuat ?
A. 6
B. 8
C. 10
D. 12


40. Rina menempuh 4/5 lingkaran dalam waktu x menit. Berapakah lamanya waktu yang diperlukan Rina untuk menempuh satu lingkaran ?
A. x/4
B. 5 x/4
C. 4 x/5
D. 5/4 x


41. Naufal membeli selembar tripleks yang berbentuk bujur sangkar dengan luas 169 meter persegi. Ia harus memotongnya 2 m pada salah satu sisinya agar secara tepat menutup sisi sebuah tembok. Berapa luas dinding?
a. 113 meter persegi
b. 121 meter persegi
c. 143 meter persegi
d. 145 meter persegi


42. Seorang pedagang air memindahkan 900 liter air dari 1 bak ke dalam drum. Setelah dihitung-hitung ternyata sisa air tinggal 870 liter. Ternyata ketika memindahkan air menggunakan ember masing-masing berkurang 3 liter. Berapa ember yang digunakan untuk memindahkan air tersebut ?
a. 8 ember
b. 9 ember
c. 10 ember
d. 11 ember


43. Sepotong kayu panjangnya 40 meter dipotong menjadi 2 bagian dimana yang satu panjangnya 2/3 dari lainnya. Berapa panjang bagian yang terpendek ?
A. 16 m
B. 18 m
C. 22 m
D. 24 m


44. Waktu di Jakarta lebih dulu 3 jam daripada di kota Abu Dhabi. Sebuah pesawat tebang berangkat dari Jakarta menuju kota Abu Dhabi 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah pesawat terbang tersebut tiba di kota Abu Dhabi ?
A. 2 pagi
B. 3 pagi
C. 4 pagi
D. 6 pagi


45. Sebuah mobil Honda keluaran terbaru menempuh perjalanan 15 km dengan 1 liter bahan bakar ketika mobil dipacu dengan kecepatan 50 km per jam. Jika mobil berkecepatan 60 km per jam, maka jarak yang ditempuh hanya 80%-nya. Berapakah bahan bakar yang diperlukan untuk menempuh jarak 120 km dengan kecepatan 60 km per jam?
a. 8 liter
b. 6,4 liter
c. 9,6 liter
d. 10 liter


46. Seorang pengamen dapat mengumpulkan uang rata-rata Rp 6.000 setiap jam. Berapakah waktu yang diperlukan si pengamen untuk mendapatkan uang sebanyak Rp 50.000 ?
a. 7 jam
b. 7 jam 40 menit
c. 8 jam
d. 8 jam 20 menit


47. Seseorang berjalan kaki dari titik x menuju arah Timur 1 km kemudian 2 km ke Utara, lalu 1 km ke Timur, terus 1 km ke Utara, lalu 1 km ke Timur lagi, dan terakhir 1 km ke Utara hingga sampailah ia di titik y. Berapa kilometer jarak antara titik x dengan titik y ?
A. 10
B. 5
C. 7
D. 6


48. Jika x = berat total p kotak yang masing-masing kotak beratnya q kg dan y = berat total q kotak yang masing-masing kotak beratnya p kg, maka
a. x > y
b. x < y
c. x = y
d. x dan y tak dapat ditentukan


49. Diketahui suatu bangunan berbentuk balok, dengan volume 162 m kubik. Sisi panjangnya adalah 6 m sisi pendeknya 3 m. Hitunglah berapa cm sisi tingginya?
a. 600 cm
b. 700 cm
c. 800 cm
d. 900 cm


50. Seorang pengangkut batu dapat mengangkut 500 kg batu dalam 5 hari. Hari pertama mengangkut 90 kg, hari kedua 75 kg, hari ketiga 120 kg, dan hari keempat 30 kg. Berapa gram-kah yang dia angkut pada hari ke-5 ?
a. 185.000 gram
b. 180.000 gram
c. 175.000 gram
d. 165.000 gram







Sumber : Singo Group Co., PT. Gilland Ganesha, CV. Flamboyan, CV. Laris, Yayasan KPT, GigaFarm, SingoFarm, Cangkok.com, Cangkok.co.id, CV. Indragung, ggkarir.com, ggiklan.com, bursa-kerja.ptkpt.net, flamboyan.co.id, gilland-ganesha.com, ptn-pts.org, indragung.co.id, lowongan-kerja.net, kerja.biz, indonesia-info.net, laris.co.id, lowongan-kerja.kpt.co.id, beasiswa.ptkpt.net, pekerjaan.net, dsb.

Penalaran logika

Silakan isi kotak2 di bawah ini dengan huruf a, b, c, atau d
1. Kebanyakan burung dapat terbang. Burung unta adalah juga seekor burung. Jadi :
a. Burung unta dapat terbang
b. Burung unta memang tidak dapat terbang
c. Burung unta belum tentu dapat terbang
d. Jawaban a,b, dan c ketiga-tiganya salah


2. Semua Mahasiswa ISTN lulus tepat pada waktunya. Sebagian Mahasiswa ISTN adalah Mahasiswa Program Perkuliahan Karyawan (P2K). Jadi :
a. Semua Mahasiswa Program Perkuliahan Karyawan (P2K) ISTN lulus tepat pada
waktunya.
b. Sebagian Mahasiswa ISTN lulus tidak tepat pada waktunya
c. Mahasiswa ISTN yang lulus tepat pada waktunya pasti Mahasiswa Program
Perkuliahan Karyawan (P2K).
d. Sebagian Mahasiswa ISTN adalah Mahasiswa Program Perkuliahan Karyawan (P2K).


3. Semua donor harus berbadan sehat. Sebagian donor darah memiliki golongan darah O, jadi ...
a. Sebagian orang yang bergolongan darah O dan menjadi donor darah berbadan sehat.
b. Semua donor harus memiliki golongan darah O dan berbadan sehat.
c. Semua donor darah yang memiliki golongan darah O harus berbadan sehat.
d. Yang berbadan sehat adalah yang memiliki golongan darah O dan menjadi donor darah.


4. Di Jakarta telah banyak dibangun gedung bertingkat. Hotel-hotel dan pasar-pasar yang baru dibangun di negara kita banyak yang bertingkat. Pak Sarlito baru datang ke Jakarta dan tinggal di sebuah hotel. Pak Sarlito sudah merencanakan untuk melihat dari dekat gedung-gedung yang bertingkat. jadi...
a. Pak Sarlito menginap di hotel yang bertingkat
b. Tidak ada hotel yang bertingkat di Jakarta
c. Di Jakarta banyak hotel-hotel yang bertingkat
d. Mungkin Pak Sarlito menginap di hotel yang tidak bertingkat


5. Hanya jika berbakat dan bekerja keras, seorang atlet dapat sukses sebagai atlet profesional. Berikut adalah kesimpulan yang secara logis dapat ditarik dari pernyataan di atas:
a. Jika seorang atlet berbakat dan bekerja keras, maka ia akan sukses sebagai atlet
profesional.
b. Jika seorang atlet tidak sukses sebagai atlet profesional, maka ia tidak berbakat.
c. Jika seorang atlet tidak sukses sebagai atlet profesional, maka ia bukan pekerja keras.
d. Jika seorang atlet tidak berbakat atau tidak bekerja keras, maka ia tidak akan sukses
sebagai atlet profesional.


6. Murid yang pandai dalam matematika lebih mudah belajar bahasa. Orang yang tinggal di negara asing lebih lancar berbicara dalam bahasa yang dipakai di negara tersebut. Tati lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi :
a. Mungkin Tati bisu.
b. Mungkin Tati tidak pernah tinggal diluar negeri.
c. Tidak mungkin Tati pernah tinggal di luar negeri.
d. Tidak mungkin Tati pandai dalam matematik.


7. Sarjana yang lulus dengan predikat cum laude harus memiliki indeks prestasi di atas 3,5. Beberapa mahasiswa yang menjadi sarjana lulus dengan indeks prestasi di bawah 3,5. Kesimpulan pernyataan di atas adalah :
a. Semua mahasiswa tidak lulus dengan predikat cum laude.
b. Semua mahasiswa yang menjadi sarjana lulus dengan predikat cum laude.
c. Semua mahasiswa yang menjadi sarjana memiliki indeks prestasi di atas 3,5
d. Beberapa mahasiswa yang menjadi sarjana lulus dengan predikat cum laude.


8. Pengurus koperasi seharusnya berjiwa sosial. Sebagian ketua rukun tetangga pernah menjadi pengurus koperasi. Jadi :
a. Ketua rukun tetangga itu selalu berjiwa sosial.
b. Semua orang yang pernah menjadi ketua rukun tetangga itu pengurus koperasi.
c. Sebagian ketua rukun tetangga seluruhnya berjiwa sosial.
d. Semua pengurus koperasi berjiwa sosial.


9. Di suatu kelas yang terdiri atas 40 siswa, memiliki minat terhadap mata pelajaran berikut: tak ada siswa yang menyenangi matematika juga menyenangi pelajaran lain. Hanya 4 orang siswa yang menyenangi fisika tetapi tidak mata pelajaran lain. 15 orang menyenangi IPS dan 5 orang diantaranya juga menyenangi IPA. Jika jumlah siswa yang menyenangi biologi 7 orang maka dapat disimpulkan...
a. Jumlah siswa yang menyenangi matematika paling banyak
b. Jumlah siswa yang menyenangi IPS paling banyak
c. Jumlah siswa yang menyenangi IPA paling banyak
d. Jumlah siswa yang menyenangi matematika sama dengan IPS


10. Jika A = B maka A tidak sama dengan C. Bila P = A, maka....
a. Bila P = C maka P= B
b. Bila P = C maka P tidak sama dengan A
c. Bila P = C maka tidak P tidak sama dengan B
d. Bila P = C maka P = A = B


11. Bila kendaraan lewat jalan tol harus membayar; Sebagian kendaraan tak punya uang, jadi;
a. Semua kendaraan tidak lewat jalan tol.
b. Semua kendaraan lewat jalan tol.
c. Sebagian kendaraan tak punya uang.
d. Sebagian kendaraan tidak lewat jalan tol.


12. Semua suku bangsa x berkulit cokelat, berambut keriting, dan berbadan kurus. Semua suku bangsa y berkulit hitam dan berambut keriting. Sedikit sekali orang suku z yang berambut keriting. Si Abai dilahirkan di daerah z, berambut keriting dan berkulit kuning. Jadi...
a. Abai pasti bukan suku bangsa x.
b. Abai pasti bukan suku bangsa y.
c. Abai pasti bukan suku bangsa z
d. Abai keturunan suku bangsa x dan y.


13. Bila S lewat P harus tambah H. Sebagian S tak punya H. Jadi :
a. Semua S tidak lewat P
b. Sebagian S tidak lewat P
c. Sebagian S tak punya H
d. Semua S tidak lewat P dan tak lewat H


14. Apabila sebagian orang yakin adanya kehidupan setelah kematian, sebagiannya lagi tidak yakin adanya kehidupan setelah kematian, dan sebagian lainnya sangat yakin bahwa tidak akan ada kehidupan setelah kematian, maka....
a. Sebagian orang yakin akan ada kematian.
b. Tidak semua orang yakin akan ada kematian.
c. Semua orang meyakini adanya kematian.
d. Mengenai kehidupan setelah kematian, tidak semua orang meyakini.


15. Beberapa benda yang memuai adalah logam. Semua logam adalah benda padat. Jadi :
a. Hanya logam yang memuai merupakan benda padat.
b. Benda yang bukan logam tidak memuai.
c. Beberapa benda padat dapat memuai.
d. Benda padat dapat memuai.


16. Tidak ada dua gaun rancangan desainer X yang memiliki model yang sama. Gaun A dan B adalah rancangan desainer X. Jadi :
a. Sebagian gaun rancangan desainer X.
b. Semua desainer merancang gaun dengan mode seperti gaun A dan B.
c. Gaun A dan B tidak memiliki mode yang sama.
d. Gaun yang modenya tidak sama berasal dari desainer X saja.


17. Semua murid yang mengikuti ujian tidak menggunakan kalkulator. Sebagian murid yang ujian mengenakan jam tangan. Jadi :
a. Semua murid yang ujian mengenakan jam tangan.
b. Sementara murid yang ujian tidak mengenakan jam tangan.
c. Semua murid yang ujian tidak menggunakan kalkulator dan tidak mengenakan jam
tangan.
d. Sebagian murid yang ujian mengenakan jam tangan dan tidak menggunakan
kalkulator.


18. Semua U bukan B. Sebagian U adalah C. Jadi :
a. Sebagian U adalah C bukan B
b. Semua U bukan B dan C
c. Sebagian U bukan C adalah B
d. Semua U adalah C


19. Akhmad adalah pekerja. Akhmad menjadi buruh di sebuah pabrik. Banyak di antara buruh-buruhnya yang malas bekerja. Badrun adalah teman Akhmad. Jadi : .
a. Akhmad itu malas.
b. Badrun itu malas.
c. Badrun mungkin teman sekerja Akhmad.
d. Teman-teman Badrun semuanya rajin.


20. Dalam sebuah kelas, sebagian besar murid pandai berenang, sebagian besar juga pandai mendayung. Jadi :
a. Sebagian besar murid tidak pandai berenang dan tidak pandai mendayung
b. Sebagian besar murid pandai berenang saja
c. Sebagian tertentu dari murid-murid itu pandai berenang dan pandai mendayung
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah


21. Semua mahasiswa yang berdasi. Sebagian mahasiswa berjas. Jadi :
a. Sebagian mahasiswa bersepatu
b. Sebagian mahasiswa berjas dan bersepatu
c. Sebagian mahasiswa berdasi dan berjas
d. Sebagian mahasiswa bersepatu tapi tak berjas


22. Semua dosen adalah pegawai negeri. Sebagian dosen adalah seniman. Yang tidak cocok dengan pernyataan tersebut adalah....
a. Sebagian seniman adalah pegawai negeri
b. Sebagian pegawai negeri adalah dosen
c. Sebagian seniman adalah dosen
d. Semua seniman adalah pegawai negeri


23. Christina bersekolah di SMA Negeri VII. Tema-teman sekelasnya berjumlah 29 orang. Junus adalah tetangga Christina. Junus tahu benar bahwa ada teman Christina yang tidak lulus ujian penghabisan. Jadi :
a. Mungkin semua teman sekelas Christina tidak lulus.
b. Mungkin semua teman sekelas Christina tidak lulus.
c. Tidak mungkin ada teman Christina yang lulus.
d. Tidak mungkin semua teman Christina dikenal oleh Junus.


24. Semua Y adalah P. Sebagian Y adalah R. Jadi :
a. Semua Y yang bukan P adalah R
b. Semua Y yang bukan R adalah P
c. Semua R yang bukan Y adalah P
d. Sebagian Y yang bukan R adalah P


25. Semua kertas gambar sangat berguna. Sebagian kertas yang sangat berguna harganya murah. Jadi :
a. Semua kertas gambar harganya murah.
b. Semua kertas yang harganya murah adalah kertas gambar
c. Sebagian kertas harganya murah.
d. Kertas yang murah sangat berguna


26. Setiap kota yang memiliki pusat hiburan mempunyai ciri rawan kejahatan. Pusat hiburan menyebabkan adanya keramaian yang menarik para penjahat. Sebgian penjahat adalah residivis. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak dapat disimpulkan dari pernyataan di atas?
a. Semua penjahat adalah residivis.
b. Semua pusat hiburan menarik penjahat.
c. Setiap kota mempunyai ciri rawan kejahatan.
d. Penjahat tertarik adanya keramaian.


27. Sebagian P adalah B. B bukan T. Sebagian P bukan M adalah T. Semua B, M, dan T adalah P. Jadi :
a. Semua T adalah T bukan M
b. Semua P adalah B bukan T
c. Semua P bukan B bukan M
d. Sebagian P bukan T, bukan M, bukan B


28. Semua ban terbuat dari karet. Semua karet bersifat elastis. Jadi : Sebagian karet berwarna hitam.
a. Semua ban elastis dan terbuat dari karet.
b. Semua ban berwarna hitam.
c. Semua ban elastis berwarna hitam.
d. Sebagian ban berwarna hitam terbuat dari karet.


29. Semua rumah sakit memiliki bagian gawat darurat. Sebagian rumah sakit adalah rumah sakit bersalin. Jadi :
a. Ada rumah sakit bersalin yang tidak memiliki bagian gawat darurat.
b. Rumah sakit bersalin pasti memiliki bagian gawat darurat.
c. sebagian rumah sakit tidak memiliki bagian gawat darurat.
d. Semua rumah sakit yang tidak memiliki bagian gawat darurat adalah rumah sakit
bersalin


30. Semua ikan hidup di air. Beberapa ikan hidup di air tawar. Jadi :
a. Semua ikan dapat hidup di air tawar dan air laut.
b. Beberapa ikan yang hidup di air tawar tidak dapat hidup di air laut.
c. Sebagian ikan tidak hidup di air tawar.
d. Tidak ada ikan yang hidup di air laut.


31. Pembalap harus lulus uji ketahanan fisik. Sebagian besar pembalap sedang menderita sakit flu.
a. Pembalap yang lulus uji ketahanan fisik adalah pembalap yang sakit flu.
b. Hanya sebagian saja pembalap yang lulus uji ketahanan fisik.
c. Ada pembalap yang lulus uji ketahahan fisik, tetapi sakit flu
d. Tidak ada pembalap yang sakit flu yang dapat lulus uji ketahanan fisik.


32. Dalam persidangan, seorang tersangka dapat divonis bebas, penjara, denda, ataupun lainnya, maka....
a. Untuk kasus pembunuhan haruslah dihukum penjara.
b. Seorang tersangka tidak mungkin dapat lolos dari hukuman pengadilan.
c. Pengadilan adalah satu-satunya tempat pemutus perkara.
d. Suatu vonis yang dijatuhkan di pengadilan harus sesuai dengan perkaranya.


33. Kita membutuhkan energi setiap kali berolahraga. Catur adalah olahraga berpikir.... ..
a. Catur membutuhkan energi.
b. Catur tidak membutuhkan energi.
c. Energi yang diperlukan untuk catur hanya sedikit.
d. Olahraga berpikir tidak membutuhkan energi.


34. Orang dapat mempunyai wajah berbentuk hampir persegi, oval, atau bulat. Demikian juga orang dapat memiliki badan yang tegap, kurus kering, atau gemuk. Rambut orang dapat keriting, lurus, atau berombak. Seorang ahli kriminologi menyelidiki para penjahat disebuah penjara dan ternyata semua penjahat tersebut berwajah persegi. Sebagian besar dari mereka berambut keriting dan sebagian kecil bertubuh kurus, Jadi...
a. Semua penjahat berambut keriting
b. Penjahat dapat berambut berombak, bertubuh tegap, dan berwajah bulat
c. Semua penjahat berwajah hampir persegi
d. Sedikit sekali penjahat yang bertubuh tegap


35. Semua anggota tim olimpiade dan Indonesia memiliki sepatu merk "Ribut". Sebagian anggota tim berhasil meraih medali emas. Jadi :
a. Berkat merk "Ribut", atlet Indonesia meraih medali emas.
b. Peraih medali emas dari Indonesia memakai sepatu merk "Ribut".
c. Semua orang yang memakai sepatu merk "Ribut" meraih medali emas.
d. Anggota tim Olimpiade yang memakai sepatu merk "Ribut" meraih medali emas.


36. Hampir semua murid kelas III.B rajin dalam belajar. Tidak semua murid yang rajin tergolong pandai. Tidak semua murid yang bodoh tergolong malas. Murid yang pandai dan rajin biasanya tidak pernah tinggal kelas. Suparman adalah murid yang duduk di kelas III.B. Suparman tidak pernah tinggal kelas sejak SD hingga di SMA sekarang ini. Jadi...
a. Suparman adalah murid yang rajin
b. Suparman adalah murid yang pandai
c. Suparman adalah murid yang rajin dan pandai
d. Mungkin Suparman bukan murid yang rajin


37. Setiap kali ada pertandingan PSSI di layar TVRI, para tetangga kami pasti ikut menonton di rumah kami. Malam ini mereka ada di rumah masing-masing. Jadi :
a. Televisi di rumah kami sedang rusak.
b. Pertandingan PSSI tahun ini tidak diliput oleh TVRI.
c. PSSI sedang tidak bertanding.
d. Acara di TVRI malam ini bukan pertandingan PSSI.


38. Semua lukisan yang bernilai seni yang tinggi berpedoman pada hukum-hukum perspektif. Kebanyakan lukisan Tiongkok dan Jepang tidak memperhatikan hukum ini. Jadi tidak dapat disimpulkan :
a. Lukisan Jepang dan Tiongkok tidak ada yang bernilai seni yang tinggi
b. Lukisan Tiongkok dan Jepang belum tentu tidak bernilai seni yang tinggi
c. Kebanyakan lukisan Tiongkok dan Jepang mempunyai nilai seni yang tinggi
d. Jawaban a, b, dan c ketiga-tiganya salah


39. Guno membenci Connie dan Yanti. Lieke adalah kakak Guno. Yanti telah bersuami, Connie adalah adik dari suaminya Yanti. Connie menyayangi semua anak Yanti. Husen adalah anak Yanti. Jadi...
a. Tidak mungkin Guno menyayangi Husein
b. Tidak mungkin Connie membenci Husein
c. Yanti tidak menyayangi Husein
d. Mungkin Guno menyayangi yanti


40. Mencuri itu perbuatan yang jahat. Setiap pencuri wajib dipenjara. Suparta pernah mencuri sepeda enam tahun yang lalu. Jadi :
a. Suparta adalah penjahat
b. Suparta wajib dimasukkan penjara
c. Suparta belum tentu seorang penjahat
d. Penjara itu mengubah orang jahat jadi baik


41. Dalam semester kedua, pelajaran kimia akan dimasukkan ke dalam kurikulum jika pelajaran fisika dimasukkan ke dalam kurikulum. Pelajaran biologi dimasukkan ke dalam kurikulum jika pelajaran fisika dimasukkan, Jadi :
a. Jika pelajaran kimia dimasukkan kedalam kurikulum, maka pelajaran fisika
juga dimasukkan ke dalam kurikulum.
b. Jika pelajaran fisika dimasukkan ke dalam kurikulum, maka pelajaran kimia
dimasukkan ke dalam kurikulum.
c. Jika pelajaran fisika tidak dimasukkan ke dalam kurikulum belum tentu pelajaran
biologi tidak dimasukkan kurikulum.
d. Jika pelajaran biologi dimasukkan dalam kurikulum maka kimia juga dimasukkan.


42. Semua taksi dilengkapi dengan radio panggil. Sebagian taksi berwarna merah. Jadi :
a. Sebagian taksi tidak berwarna merah dan tidak dilengkapi radio panggil.
b. Sebagian taksi berwarna merah dan tidak dilengkapi radio panggil.
c. Semua taksi berwarna merah dan dilengkapi dengan radio panggil.
d. Sebagian taksi tidak berwarna merah dan dilengkapi radio panggil.


43. Bila semua X adalah A. Sebagian X adalah B, jadi :
a. Semua X yang bukan A adalah B
b. Semua X yang bukan B adalah A
c. Semua B yang bukan X adalah A
d. Semua A yang bukan X adalah B


44. Apabila sebagian manusia tidak berjiwa besar, maka....
a. Pamanku berjiwa besar.
b. Perenang memiliki jiwa sportif.
c.Tidak semua manusia berjiwa lemah.
d. Seorang berjiwa besar sudah tentu bukanlah seorang pecundang.


45. Bila semua pelajar bercelana panjang; Sebagian pelajar memakai lengan panjang, jadi :
a. Sebagian pelajar bercelana pendek.
b. Sebagian pelajar memakai celana pendek dan berlengan panjang.
c. Sebagian pelajar memakai bercelana panjang dan berlengan panjang.
d. Sebagian pelajar bercelana pendek tapi tidak memakai celana panjang.


46. Air adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Masyarakat di padang pasir hanya sedikit memiliki persediaan air. Jadi : ..
a. Masyarakat di padang pasir tidak membutuhkan air
b. Air bukanlah kebutuhan pokok masyarakat di padang pasir
c. Meskipun tanpa air, masyarakat di padang pasir dapat hidup
d. Masyarakat di padang pasir harus berhemat menggunakan air


47. Semua penyanyi dangdut panddai bergoyang. Penyanyi yang bernama Nurlela tidak dapat menggoyangkan badannya di panggung. Jadi :
a. Nurlela bukan penyanyi di panggung.
b. Nurlela adalah penyanyi sentosa.
c. Nurlela adalah penyanyi amatir.
d. Nurlela tidak pandai bergoyang.


48. Semua X bukan P. Sebagian X adalah Q, jadi :
a. Sebagian X adalah Q bukan P.
b. Semua X bukan P dan Q.
c. Sebagian X bukan Q adalah P
d. Semua X adalah Q.


49. Barang-barang pecah belah itu pecah kalau jatuh. Barang-barang yang tidak dapat pecah kalau jatuh tidak lagi digolongkan dalam barang-barang pecah belah. Cangkir merk Strong buatan Inggris tidak dapat pecah kalau jatuh. Jadi :
a. Cangkir buatan Inggris termasuk barang pecah belah.
b. Cangkir buatan Inggris tidak dapat pecah.
c. Cangkir merk Strong buatan Inggris tidak termasuk barang pecah belah.
d. Cangkir Strong buatan Inggris tidak mungkin pecah.


50. Semua orang yang bermental interpreneur hidup dengan makmur. Sebagian orang yang bermental interpreneur melakukan usaha wiraswasta. Jadi :
a. Semua wiraswasta bermental interpreneur
b. Semua wiraswasta hidup makmur.
c. Semua wiraswasta yang hidupnya makmur bermental interpreneur
d. Semua yang bermental interpreneur dan hidupnya makmur adalah wiraswastawan.