MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
A. Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
Indikator | Tinggi | Sedang | Rendah | Ket |
1. Kompleksitas | 1 | 2 | 3 | |
2. Daya dukung | 3 | 2 | 1 | |
3. Intake | 3 | 2 | 1 | |
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang à nilainya adalah: (3 + 3 + 2) x 100 = 88.89 |
MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
Indikator | Tinggi | Sedang | Rendah | Ket |
1. Kompleksitas | 50-64 | 65-80 | 81-100 | |
2. Daya dukung | 81-100 | 65-80 | 50-64 | |
3. Intake | 81-100 | 65-80 | 50-64 | |
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang à nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan. Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum KKG di Sekolah. |
MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
Indikator | Tinggi | Sedang | Rendah | Ket |
1. Kompleksitas | v | v | v | |
2. Daya dukung | v | v | v | |
3. Intake | v | v | v | |
Contoh : Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80. |
CONTOH : FORMAT A
Kompetensi dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | |||
Kompleksitas | Daya dukung | Intake | ||
1.1. Mendeskripsikan hakikat lari sprint 60 meter Ø Mendeskripsikan sikap start lari sprint 60 meter Ø Menguraikan pengertian sikap badan saat lari sprint 60 meter Ø Menganalisis pengertian sikap start dan lari sprint 60 meter | Rendah 3 Tinggi 1 Sedang 2 | Tinggi 3 Sedang 2 Tinggi 3 | Sedang 2 Sedang 2 Sedang 2 | 74 |