Rabu, 28 Juli 2010

RUMUS KKM PENJASORKES

MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
A.    Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
Indikator
Tinggi
Sedang
Rendah
Ket
1. Kompleksitas
1
2
3

2. Daya dukung
3
2
1

3. Intake
3
2
1

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang à nilainya adalah:   (3 + 3 + 2) x 100 = 88.89

MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
B.     Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
Indikator
Tinggi
Sedang
Rendah
Ket
1. Kompleksitas
50-64
65-80
81-100

2. Daya dukung
81-100
65-80
50-64

3. Intake
81-100
65-80
50-64

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang à nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum KKG di Sekolah.

MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
C.     Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
Indikator
Tinggi
Sedang
Rendah
Ket
1. Kompleksitas
v
v
v

2. Daya dukung
v
v
v

3. Intake
v
v
v

  
Contoh :
  Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai  ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.




CONTOH : FORMAT A
Kompetensi dasar dan Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya dukung
Intake
1.1. Mendeskripsikan hakikat lari sprint 60 meter
Ø  Mendeskripsikan sikap start lari sprint 60 meter
Ø  Menguraikan pengertian sikap badan saat lari sprint 60 meter
Ø  Menganalisis pengertian sikap start dan lari sprint 60 meter

Rendah
3
Tinggi
1
Sedang
2


Tinggi
3
Sedang
2
Tinggi
3

Sedang
2
Sedang
2
Sedang
2
74
 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar